Laman

JAMU SESAK NAFAS, ASMA SEMBUH PERMANEN

Kabar gembira, Bagi anda atau saudara/teman anda yang menderita sesak napas,asma, karena merokok atau sebab lain, kini tersedia obatnya, InsyaAllah sembuh, 90 % pasien kami sembuh total, minimal bebas kertegantungan obat. Bagi anda yang ingin mencoba (sample gratis), SMS nama dan alamat , kirim ke 081392593617. Klik Disni

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Minggu, 29 Januari 2012

Ekonomi Temanggung : Temanggung diprediksi panen raya kopi

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
FOTO ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang)
Temanggung  - Panen kopi di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pada 2012 diprediksi meningkat bahkan akan panen raya karena saat pembungaan 2011 mendapat curah hujan yang cukup.

"Tahun ini petani bisa panen raya, produksi bisa maksimal hingga 100 persen. Paling tidak dapat menghasilkan satu ton perhektare," kata Kasi Produksi Tanaman, Bidang Perkebunan, Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan, Kabupaten Temanggung, Gunarto, di Temanggung, Minggu.

Ia menyebutkan, hasil panen kopi pada 2011 di Temanggung tidak maksimal, kurang dari 40 persen. Produksi rata-rata kopi robusta hanya 332,9 kilogram perhektare dan kopi arabika 375,2 kilogram perhektare.

Gunarto menuturkan, saat pembungaan tanaman kopi membutuhkan air hujan yang cukup agar produksinya bagus. Selain itu, peningkatan produksi kopi juga dipengaruhi faktor teknis, yakni dengan pemupukan yang cukup dan dilakukan pemangkasan bagi cabang yang tidak produktif.

Luas areal tanaman kopi di Temanggung sekitar 10.693 hektare, terdiri atas kopi robusta 9.262 hektare dan kopi arabika 1.431 hektare.

Ia menyebutkan, sentra penghasil kopi robusta di Temanggung antara lain di Kecamatan Candiroto, Jumo, Kandangan, Gemawang, Pringsurat, dan Kaloran. Sedangkan sentra kopi arabika berada di Kecamatan Tembarak, Selopampang, Kledung, Ngadirejo, Bansari, dan Tretep.

Menyinggung curah hujan tinggi pada Januari 2012, dia mengatakan, tidak akan berpengaruh terhadap buah kopi, karena saat ini bunga telah menjadi buah muda sehingga lebih kuat.

Menurut dia, curah hujan tinggi hanya akan berpengaruh dalam masa pemasakan buah agak mundur.

Ia menuturkan, pemasakan buah kopi dipengaruhi oleh kondisi tanaman dan pertumbuhan generatif oleh sinar matahari.

"Jika penyinaran kurang karena curah hujan maka proses pemasakan agak lambat," katanya.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
- Cara Mudah, Cepat Dan Tanpa Resiko Membuat Uang Secara Online, Ikutan Gabung yuk !  Klik Disini !
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bisnis Online Paling Meunguntungkan
Aduh maaak, terima kasih Tuhan, terima kasih webmaster. Saya bisa kuliahkan anak dan membantu biaya berobat ibu saya yg sakit dengan dana ini. Setelah itu saya betul2 percaya bahwa program bisnis ini bener2 bekerja. Sejak itu saya mulai aktif mempromosikan bisnis ini ke siapa saja, lewat email, milis, sms, dll. Sekarang hasilnya sudah lebih dari 500 juta masuk ke rekening bank saya. Sekali lagi terima kasih webmaster program 5 milyar
. Klik Disini

Salam, Bambang Widjatmoko, Surabaya (Kesaksian)